-->

Cara Daftar Kip Kuliah 2022 dan Jadwal Pendaftaran Kip Kuliah 2022

 


Cara Daftar Kip Kuliah 2022 dan Jadwal Pendaftaran Kip Kuliah 2022 – KIP Kuliah sebagai kontribusi dari Pemerintahan yang bermanfaat untuk bayar biaya pengajaran di tingkatan Perguruan Tinggi yang diberi untuk alumnus SMA atau Sederajat dan alumnus SMK. Lewat Program Indonesia Pandai.

sebelum menuju ke Cara Daftar Kip Kuliah 2022 dan Jadwal Pendaftaran Kip Kuliah 2022 kami mau mengingatkan bahwa kami hadir di instagram, youtube dan quora yang dimana bertujuan menjangkau kalian para pembaca dan penikmat konten pendidikan untuk senantiasa memberikan manfaat dan membangun pendidikan indonesia menjadi lebih maju, jadi tunggu apalagi yuk kepoin media social kami lainnya!

bACA jUGA:5 Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya Tahun Ini

Pemerintahan Indonesia sudah keluarkan Kartu Indonesia Pandai Kuliah (KIP Kuliah) semenjak tahun 2020 sebagai salah satunya wujud kontribusi pengajaran yang dikasih ke alumnus SMA, SMK atau sederajat yang dari keluarga kurang sanggup agar meneruskan pengajaran ke tingkatan perguruan tinggi atau sekolah tinggi.

KIP Kuliah yang diberi oleh Pemerintahan harus bisa digunakan oleh alumnus SMA, SMK atau sederajat yang ada di semua Indonesia, agar bisa tempuh pengajaran tinggi agar berperan untuk pembangunan bangsa sekalian tingkatkan tingkat ekonomi keluarga masing-masing.

Di tahun 2020, sudah diteruskan kontribusi KIP Kuliah untuk 200 ribu mahasiswa baru yang menerima. Di tahun 2021 ini akan diteruskan kembali kontribusi KIP Kuliah sejumlah 200 ribu untuk mahasiswa baru yang menerima kontribusi KIP. Kontribusi KIP Kuliah dikasih ke mahasiswa penyandang disabilitas yang diterima di Perguruan Tinggi.#khairpedia

KIP Kuliah nanti akan jamin kelangsungan kuliah dengan memberi pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan kontribusi biaya hidup bulanan untuk mahasiswa yang penuhi syarat ekonomi dan akademis. Mahasiswa yang memperoleh kontribusi KIP Kuliah ini akan terlepas dari biaya pendaftaran penyeleksian masuk, biaya akademis sepanjang kuliah, dan memperoleh kontribusi biaya hidup bulanan.

Persyaratan yang menerima KIP Kuliah :

  1. Pelajar SMA, SMK, atau wujud yang lain sederajat yang hendak lulus di tahun jalan atau yang telah lulus dua tahun awalnya.
  2. Berpotensi akademis yang bagus tapi mempunyai kebatasan ekonomi yang ditunjukkan oleh document yang syah.
  3. Lulus penyeleksian akseptasi mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada Program Study yang telah terakreditasi.

Beberapa dokumen simpatisan dan sebagai bukti yang syah berkaitan dengan kebatasan ekonomi calon yang menerima KIP kuliah:

  1. Mempunyai Kartu Indonesia Pandai (KIP).
  2. Datang dari keluarga peserta Program Keluarga Keinginan (PKH).
  3. Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  4. Datang dari panti bimbingan atau panti bimbingan.
  5. Datang dari keluarga yang masuk desil kurang atau sama dengan kelompok 4 pada Data Terintegrasi Kesejahteraan Sosial (DKTS).

Bila calon yang menerima tidak penuhi satu dari 5 persyaratan di atas, karena itu masih tetap bisa mendaftarkan untuk memperoleh KIP Kuliah, dengan persyaratan calon yang menerima tidak sanggup secara ekonomi sesuai ketetapan, yang ditunjukkan dengan penghasilan kotor kombinasi orangtua/wali terbanyak Rp 4.000.000,00 (4 juta rupiah) tiap bulan atau penghasilan kotor kombinasi orangtua/wali dipisah jumlah bagian keluarga terbanyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Periode waktu pemberian KIP Kuliah:

  1. Program Reguler: Sarjana (optimal 8 semester), Diploma empat (optimal 8 semester), Diploma Tiga (optimal 6 semester), dan Diploma Dua (optimal 4 semester).
  2. Program Karier: Dokter (optimal 4 semester), Dokter Gigi (optimal 4 semester), Dokter Hewan (optimal 4 semester), Perawat (optimal 2 semester), Apoteker (optimal 2 semester) dan Guru (optimal 2 semester).

Tata cara pendaftaran KIP Kuliah untuk semua lajur masuk (SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN dan Berdikari) dilaksanakan secara online lewat situs KIP Kuliah yakni https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Pendaftaran dapat dilaksanakan secara mobile dengan lebih dulu mengambil dan lakukan instalasi KIP Kuliah mobile apps berbasiskan android di Play Toko. #khairpedia

Saat sebelum mendaftarkan kontribusi KIP Kuliah, awalnya calon yang menerima harus membuat account pendaftaran di SIM KIP Kuliah lebih dulu. Triknya ialah masuk ke situs https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ atau lewat program KIP Kuliah yang berbasiskan Android. Saat pendaftaran, masukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat e-mail yang aktif.

Mekanisme selanjutnya akan lakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN untuk tentukan kelaikan memperoleh KIP Kuliah atau mungkin tidak. Bila proses validasi sukses, Mekanisme KIP Kuliah seterusnya akan mengirim Nomor Pendaftaran dan Code Akses ke alamat e-mail yang telah didaftarkan awalnya. Sesudah sukses memperoleh Nomor Pendaftaran dan Code Akses, calon yang menerima KIP Kuliah bisa meneruskan ke tahapan seterusnya yakni pendaftaran KIP Kuliah.

Baca Juga:5 Jurusan kuliah Yang Gampang Cari Kerja

Tata cara pendaftaran KIP Kuliah Online:

  1. Pelajar yang hendak lulus di tahun jalan

a. Pelajar masuk ke SIM KIP Kuliah dengan masukkan Nomor Pendaftaran dan Code Akses untuk menuntaskan proses pendaftaran KIP Kuliah dan pilih proses penyeleksian yang hendak dituruti (SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri).

b. Pelajar menuntaskan proses pendaftaran di portal atau SIM KIP Kuliah sama sesuai lajur penyeleksian yang diputuskan pada penyeleksian nasional atau pada penyeleksian masuk di perguruan tinggi.

  1. Pelajar yang telah diterima di perguruan tinggi

Untuk calon yang menerima KIP Kuliah yang sudah dipastikan diterima di Perguruan Tinggi, bisa dilaksanakan veriļ¬kasi selanjutnya oleh Perguruan Tinggi saat sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa yang menerima KIP Kuliah.

Bila ada masalah saat lakukan pendaftaran KIP Kuliah secara online, seharusnya gunakan sarana info Frequently Asked Question di situs SIM KIP Kuliah Frequently Asked Question di situs SIM KIP Kuliah atau juga bisa manfaatkan menu Helpdesk di situs SIM KIP Kuliah.

Disamping itu bisa ajukan pengaduan ke alamat e-mail aduan@kemdikbud.go.id. Itu info mengenai pendaftaran KIP Kuliah online, mudah-mudahan artikel ini bisa menolong.

nah teman-teman itu adalah Cara Daftar Kip Kuliah 2022 dan Jadwal Pendaftaran Kip Kuliah 2022 jika kamu punya request atau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar, Follow juga media sosial kami guna menambah wawasan kalian INSTAGRAM

LihatTutupKomentar